KKN Tematik Unissula Siap Jawab Problematik

Berita1203 Views

Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) menyelenggarakan pembekalan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) berbudaya akademik Islami Unissula, periode XVIII, tahun 2024. KKNT bertajuk Sinergitas Perguruan Tinggi dan Masyarakat dalam Pembangunan Berkelanjutan untuk Mewujudkan Indonesia Emas, yang berlangsung Sabtu (6/7/2024).

Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH dalam sambutannya saat membuka pembekalan KKNT mengatakan, KKN sifatnya wajib dilakukan mahasiswa Unissula.

“KKN penting. Sebab, dari KKN mahasiswa belajar banyak tentang perancangan pembangunan di masyarakat,” jelasnya.

Rektor Unissula mengatakan, mahasiswa KKNT harus bisa membaca keinginan dan problematika masyarakat yang prioritas diselesaikan. Selanjutnya mahasiswa KKNT membuat program untuk menyelesaikan problematika tersebut. Program tersebut selanjutnya dikerjakan bersama antara mahasiswa KKNT dan masyarakat dari mulai tingkat RT, RW, kelurahan, dan kecamatan.

“Mahasiswa KKNT harus bisa menyusun program-program prioritas bersama pihak terkait agar warganya maju. Misalnya masalah pembangunan, stunting akibat kekurangan gizi, pendidikan, kesehatan, dan juga mahasiswa KKNT harus mampu membangun budaya yang baik bagi warga,” jelasnya.

Lebih lanjut Rektor Unissula mengatajan, untuk sukses menjalakankan KKNT, sesuai tujuannya maka dibutuhkan pembekalan. “Sehingga pembekalan ini menjadi ilmu yang bermanfaat saat KKNT. Termasuk dalam pembekalan merancang program desa,” jelasnya.

Rektor juga mengingatkan mahasiswa KKNT Unissula untuk selalu menjaga nama baik Unissula dan tetap mencintai orang tua.

Lewat KKNT, mahasiswa akan terjun di tengah masyarakat, sehingga mampu mengidentifikasi masalah atau problematika yang selanjutnya mengidentifikasi

Sementara itu, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unissula Dr Henny Pratiwi Adhi ST MT mengatakan, KKN merupakan kegiatan tri dharma Perguruan Tinggi yang di dalamnya meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. KKN wajib, karena memiliki tiga unsur tersebut.

Menurutnya, lewat pendidikan maka mahasiswa KKNT belajar untuk terjun di tengah masyarakat.

Sedangkan lewat penelitian, mahasiswa KKNT akan menelah permasalahan dan mencari solusi

Sedangkan melalui pengabdian masyarakat, maka mahasiswa KKNT mengamalkan ilmu untuk menyelesaikan masalah masyarakat.

Lewat KKNT diharapkan mahasiswa bisa mengamalkan ilmu dan menyelesaikan masalah di tengah masyarakat. Juga mampu memberdayakan potensi lokal yang ada di tengah masyarakat.

Sedangkan Kordinator KKNT Unissula periode ini adalah Abdurrohim SPsi MSi.

KKNT Unissula diikuti lebih dari 1.610 mahasiswa dan dilaksanakan dari tanggal 5 sampe 19 Agustus 2024.

Hadir juga para wakil rektor, yang pada kesempatan ini juga memberi pembekalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *